Senin, 11 Oktober 2010

Cemburu Karena Sahabat Kita Dekat Dengan Orang Lain


Cemburu. Kata-kata tersebut pasti sudah sering kita dengar dan kita alami. Rasa cemburu itu sangat wajar dialami oleh pasangan. Tetapi bagaimana jika kita cemburu karena sahabat kita dekat dengan orang lain? Itu juga merupakan hal yang wajar, karena ada beberapa hal yang dapat membuat kita bersikap demikian. Antara lain adalah:
  1. TAKUT akan kehilangannya
    Mungkin kita terlalu takut dan tidak sanggup untuk kehilangannya sebagai seorang sahabat. Kita takut jika sahabat kita nantinya akan lebih memilih sahabatnya yang baru ketimbang kita, oleh karena perasaan takut tersebutlah maka akan timbul rasa cemburu dan rasa benci kepada sahabat barunya. Sebenarnya jika hubungan kita dengan sahabat kita tetap seperti biasanya tetap baik walaupun dia memiliki sahabat baru, maka kita tidak perlu kawatir jika suatu saat nanti dia akan meninggalkan kita untuk memilih sahabat barunya itu. Ingatlah bahwa setiap orang berhak memiliki lebih dari satu sahabat, jadi sebenarnya kita tidak berhak cemburu dengan alasan takut akan kehilangannya.
  2. Kita MENCINTAI-nya
    Hmmm. Jika hal ini sampai terjadi, permasalahannya kembali lagi seperti tulisan saya sebelumnya yang berjudul “Apakah Jatuh Cinta Dengan Sahabat Salah?“. Tanyakan lagi pada diri kita sendiri, apakah kita memang benar-benar mencintainya? atau perasaan itu hanya sementara saja ketika kita dekat dengannya. Hal seperti ini sangat sulit karena jika kita memang benar-benar mencintainya, itu artinya kita harus siap menerima segala resiko yang ada termasuk kehilangan seorang sahabat. Cinta itu memang indah, bahkan sangat indah untuk diungkapkan dan terlalu indah untuk dituliskan. Tetapi hal itu hanya berlaku bagi orang yang dibalas cintanya, tidak demikian dengan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Bagi orang yang cintanya tidak berbalas, maka cinta itu adalah suatu siksaan yang berat. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda yakin bahwa cinta Anda akan dibalas oleh sahabat Anda? Apakah Anda sanggup dan siap menerima resiko kehilangan sahabat Anda? Ya, memang suatu dilema besar. Jika kita memilih untuk mengungkapkan isi hati kita kepadanya, tetapi ternyata dia tidak menyukai kita dan lebih senang untuk menjadi sahabat kita, sudah tentu hubungan persahabatan akan menjadi semakin longgar, bahkan kemungkinan terburuk dapat saja terjadi yaitu kita akan kehilangan sahabat kita. Sangat beruntung jika memang dia juga membalas cinta kita atau dia tetap mau menjadi sahabat kita. Tetapi jika kita memilih untuk tetap diam karena kita lebih memilih agar tetap dapat dekat dengannya walaupun dia bukan milik kita seutuhnya dan merasakan sakit hati serta rasa cemburu setiap saat dia dekat dengan pria/wanita lain, sedangkan ternyata dia selama ini juga bersimpati terhadap kita dan menunggu ungkapan cinta dari kita, maka kita akan mati terbakar dalam api cemburu selamanya dan menyesal seumur hidup. Semua keputusan tetap ada ditangan kita. Pikirkanlah setiap resiko yang Anda ambil. Hidup memang penuh dengan resiko.
  3. TIDAK SUKA dengan orang yang dekat dengan sahabat kita
    Mungkin hal ini juga sering terjadi. Alasan kita tidak menyukai orang yang dekat dengan sahabat kita ada bermacam-macam, salah satunya mungkin kita pernah disakiti oleh orang tersebut dan tidak ingin hal tersebut kembali menimpa sahabat yang kita sayangi. Jika hal ini terjadi, maka segeralah ceritakan kepada sahabat Anda, dan jujurlah padanya agar semua yang mengganjal di hati Anda tidak Anda simpan sendiri. Hal ini juga dapat menyelamatkan sahabat Anda agar tidak terjerumus dalam lubang yang sama dengan Anda. Jika sahabat Anda tidak setuju dengan pendapat Anda, dan sahabat Anda merasa bahwa orang tersebut telah berubah, maka tidak ada salahnya jika Anda ikut bergabung bersama mereka, siapa tahu hal itu memang benar. Hal ini juga dapat membuat sahabat Anda merasa lebih dihargai.
Mungkin masih banyak penyebab rasa cemburu yang lainnya yang belum saya alami. Sementara ini hanya tiga hal tersebut yang benar-benar telah saya alami. Terima kasih atas waktu luang yang diberikan untuk membaca tulisan ini. Semoga tulisan ini dapat sedikit membantu bagi Anda yang sedang mengalaminya.

0 komentar:

Posting Komentar